Dharma Wanita Persatuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Alamat Redaksi: Guest House No. 1, Jl. Ahmad Yani, By Pass, Rawamangun, Jakarta Timur.
Website: dwpdjbc.blogspot.com
facebook: SEKAR JAGAD DWP DJBC


Selasa, 26 Maret 2013

Batik SEKAR JAGAD DWP DJBC

Tahukah anda.... kapan Hari Batik Nasional?
Membahas batik selalu menarik!
Mungkin tak banyak yang mengerti bahwa batik secara etimologi adalah dari paduan kata "amba" yang berarti menulis  dan "titik" yang berarti membuat titik-titik. Batik adalah teknik menulis atau menggambar dengan malam (sejenis lilin) membuat banyak titik pada suatu kain.

Menjawab pertanyaan awal di atas, tanggal 2 Oktober telah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai Hari Batik Indonesia, yaitu sejak UNESCO pada tahun 1999 menetapkan batik sebagai Masterpeace of Oral and Intangible Haritage of Humanity , representatif budaya tak benda warisan manusia.

DWP DJBC tak mau ketinggalan dalam melestarikan warisan budaya nusantara ini. Terkait hal tersebut, DWP DJBC pada tahun 2013 ini memutuskan untuk mempunyai seragam batik nasional khusus intern Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang berlaku bagi seluruh pengurus dan anggota DWP di lingkungan DJBC seluruh Indonesia. Inilah dia!:



Motif batik kombinasi biru donker dan orange dengan disain khusus ini diberi nama batik "SEKAR JAGAD". SEKAR berarti bunga dan JAGAD berarti dunia, jadi SEKAR JAGAD dapat diartikan "KUMPULAN BUNGA SE DUNIA" yang mengandung filosofi  penggambaran keanekaragaman suku bangsa, agama dan budaya Indonesia yang terwakili dengan istilah BHINEKA TUNGGAL IKA. Berbeda tetapi satu yang mengandung pesan kecintaan dan kedamaian.

Bila dicermati, maka motif SEKAR JAGAD ini dalam komposisinya mengandung motif kawung, parang, truntum,  bunga melati, bunga raflesia, bunga cengkeh, bunga rambat, buah durian, dan ukiran dayak.


Kawung adalah buah aren, sedangkan aren dikonotasikan sebagai sesuatu yang manis. Motif penampang aren mewakili sifat keagungan dan kebijaksanaan.

Sedangkan motif parang mengandung pesan untuk tidak menyerah, laiknya ombak laut yang tak berhenti bergerak. Motif parang juga perlambang jalinan yang tak putus dalam memperbaiki diri, memperjuangkan kesejahteraan. Dengan aura dinamisnya, motif parang ini menjadi simbol kecekatan, kesigapan dan kesinambungan suatu pekerjaan.

,

Sedangkan motif truntum yang bak bintang di langit malam ini  dalam sejarahnya diciptakan oleh Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan paku Buwono III). Truntum  mempunyai makna cinta yang tumbuh kembali, tulus tanpa syarat, abadi dan makin lama makin subur berkembang (tumaruntum) .

Motif bunga melati adalah lambang kesucian dan kesederhanaan yang mewakili sifat "rasa melad saka njero ati" yang artinya dalam berucap dan berbicara hendaknya selalu tulus lahir batin, kompak dan jauh dari sifat munafik.


Dalam SEKAR JAGAD ini ada pula gambar bunga raflesia, bunga khas dari Bengkulu yang dinobatkan sebagai salah satu dari sedikit puspa langka nasional. Unik, khas dan besar, itulah bunga raflesia.

Motif bunga cengkeh yang merupakan identitas Provinsi Maluku Utara melambangkan keteguhan dalam memegang prinsip.

Kemudian motif bunga merambat asal Irian  yang tumbuh ke atas diartikan sebagai usaha untuk terus meraih cita dan mimpi setinggi mungkin. Bunga rambat juga mempunyai tampilan menghibur, dengan daunnya yang hijau dan bunga warna-warni adalah sumber udara bersih, mewakili sifat dinamis, kaya warna, simpel dan elegan.


Selain itu, dijumpai pula motif buah durian yang mengandung filosofi bahwa semakin kita dewasa, akan semakin banyak pula tantangan, ujian serta cobaan yang datang menerpa. tetapi bila kita mampu menyelesaikan dan memecahkannya maka akan semakin besar dan manis hasil yang kita dapatkan.

Motif ukiran dayak khas Kalimanta yang terkenal rumit  menceritakan penggalan ritual adat yang didalamnya tersisip doa-doa dalam kepercayaan suku Dayak. Sangat dalam maknanya.

Ternyata.......
batik SEKAR JAGAD ini syarat dengan cerita, pesan dan filosofi yang sangat dalam. Semoga segala perlambang positif yang terwakili dalam motif SEKAR JAGAD ini menular dan mempengaruhi siapapun yang mengenakannya. Amiiiin.

Untuk disain baju juga sudah ada panduannya sebagai berikut:



Mari kita hargai, banggakan dan lestarikan warisan budaya nusantara.

PS: Kepada peminat dapat menghubungi Bidang Ekonomi DWP DJBC.

Salam Redaksi
Salam Sekar Jagad untuk semua...
**Eo

2 komentar: