Dharma Wanita Persatuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Alamat Redaksi: Guest House No. 1, Jl. Ahmad Yani, By Pass, Rawamangun, Jakarta Timur.
Website: dwpdjbc.blogspot.com
facebook: SEKAR JAGAD DWP DJBC


Selasa, 26 Maret 2013

Outbond: Kebersamaan Untuk Kemajuan!!

KEBERSAMAAN UNTUK KEMAJUAN!, adalah tema yang diusung pada kegiatan outbond pengurus DWP DJBC yang dilaksanakan pada tanggal 14 maret 2013 yang lalu.


Dalam rangka capacity building, team building...menambah wawasan dan mempererat kekompakan, bertempat di Pusdiklat Ditjen Anggaran di Gadhog, kawasan Puncak, Bogor, DWP DJBC menyelenggarakan acara sehari yang seru, diikuti oleh sebagian besar pengurus yaitu outbond.  Outbond di tengah kehijauan alam dan sejuknya semilir angin Puncak sangat dinikmati oleh seluruh peserta, sebagai "pelarian sejenak" dari kerutinan sehari-hari dan sekaligus menjadi "me time" pagi para ibu.

Outbonders dengan seragam hijau dipadu shocking pink tampak semangat mengikuti instruksi instruktur...

Dengan menggunakan bus yang berangkat pagi-pagi dari Jakarta, rombongan memulai petualangannya. Sampai di lokasi, sejumlah tim fasilitator telah menyambut rombongan outbonder dan rangkaian kegiatanpun langsung dimulai.

Diawali dengan warming up di lapangan, kelompok-kelompok kecil yang terbentuk segera ditantang untuk langsung bekerja sama menciptakan yel-yel andalan mereka. Tim Kambing mengandalkan yel-yel yang diakhiri dengan suara mengembik, Tim Kuda Liar semangat dengan ringkikan liarnya, Tim Chibi-Chibi bergaya menggemaskan, Tim Jengkol gencar berpromosi bahwa jengkol itu "enak tauuuk!"...yang langsung disahut oleh tim lain yang iseng "bauk tauuuk...!"  Haha.

Aneka game yang menuntut kejelian, konsentrasi, keberanian, kekompakan dan kreatifitas secara sambung menyambung dipertandingkan.
Game penyebutan angka tertentu yang harus diganti dengan tepukan secara teori terkesan gampang dan sepele tetapi prakteknya ternyata ....waaah....menghasilkan kehebohan yang disebabkan oleh kesalahan berulang tanpa bisa dihentikan. Haha. Maknanya, bahwa kehidupan harus dijalani dengan sadar dan penuh konsentrasi karena apabila lengah maka bisa menjadi pihak yang bersalah dan harus dihukum dengan...menyanyi dan menari (andai hukuman dalam hidup ini hanya menyanyi dan menari...).


Ada pula uji nyali. Para ibu ditantang untuk melakukan hal-hal yang tidak biasa untuk usianya, yaitu berada di suatu ketinggian dan menyeberang jembatan gantung yang terbuat dari papan dan tali. Aneka ekspresi ditampilkan oleh para ibu, dari ekspresi tenang menghanyutkan, mrinding disko, senyum tertahan dipaksakan sampai yang pucat pasi. Bagaimanapun dan apapun ekspresinya, asal seluruh anggota tim berani mencoba, maka tim tersebut memperoleh poin yang tinggi.



Tak seru kalau tak basah, karena kalau tidak basah maka baju ganti yang dibawa akan mubadzir.... Diawali dengan lomba kerjasama dengan meniti jembatan bambu, akhirnya ada tim yang apes, yaitu tercebur bersama. Tak mau basah hanya bertiga, maka.... entah bagaimana awal dan asal muasalnya, akhirnya sebagian besar para ibu berada di dalam kolam renang. The show must go on, acarapun dilanjut dengan bernyanyi dan menari di kolam renang, pidato Ibu Ketua di kolam renang, penyerahan hadiah pemenang di kolam renang, acara penutupan-pun sambil berendam di kolam renang. What an outbond!!



Akhirnya disimpulan, bahwa outbond ini sangat bermanfaat, sangat dinikmati oleh seluruh peserta, dan perlu dilaksanakan lagi di tahun-tahun berikutnya, dan nampaknya Ibu Ketua setuju. Hore.

kesimpulan yang lain, pemenang yang meraih juara umum adalah Tim Kuda Liar! Selamat.

Salam Redaksi.
salam kompak dan terus maju!!
*EO##


10 komentar:

  1. Seru.... Menyenangkan dan bermanfaat...
    Benar sekali saat outbond kemarin, kita benar-benar menjalani 'me time'.. Just as I am... Me-recharge semangat setelah kembali dari outbond...
    Secara pribadi mengingatkan masa muda dahulu sebagai seorang Pramuka... Hahahaaa....
    Disana kita bisa melihat karakter sesungguhnya dari masing-masing individu... Ada yang berisik #that's me... :)#...
    Ada yang tenang, ada yang latah, ada yang panik, ada yang takut air...#ehm#...
    Ada yang sportif, ada yang ga mau nanggung resiko kesalahan sendiri....
    Tapi semua tidak ada yang sakit gigi seperti kata instruktr diawal hari....
    Walau keesokan harinya bangun tidur badan pegel semua (ternyata usia tidak bisa berdusta hahaaa)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Ika Kawamilah...terimakasih komennya...
      Alhamdulillah acara lancar ya bu, memberi kesan mendalam dan semoga berkelanjutan...amiiiin...
      Oya ibu Ika, Redaksi mohon bantuan Ibu dong...bgmn supaya teman2 DWP dapat ikut komen di blog. Nampaknyaapa perlu dibantu dibuatkan akun blogger barangkali ya?

      Hapus
    2. Kemungkinan ada beberapa ibu yang rajin 'ngintip' blog kita ini, hanya mungkin belum berani mencoba untuk menuangkan pemikirannya di ruang publik seperti ini.
      Ada pula yang ingin berkomentar tapi belum mempunyai akun yang bisa mungkinkan ibu-ibu menulis disini..
      Dalam waktu dekat dan skala kecil dahulu ada baiknya pada saat pertemuan pengurus lengkap nanti kita infokan bagaimana caranya supaya ibu-ibu bisa mengakses blog ini secara maksimal... Dan tetap memberi semangat agar berani mencoba menulis dikolom ini....
      Tetap semangat untuk pengasuh blog DWP DJBC... Karena ini masih merupakan hal baru bagi beberapa ibu... InshaAllah kedepannya nanti akan bertambah 'penggemar dan peng-komen'nya....

      Hapus
    3. ibu Ika, terimakasih telah selalu berkunjung di blog DWP DJBC dan terimakasih atas support-nya. Blog DWP DJBC akan terus berusaha agar supaya dekat di hati ibu-ibu. Untuk bisa komen, pembaca bisa klik "komentar" kemudian pilih identitas "anonymous" bila tidak punya suatu akun, tulis komentar dan kirim. Bila komen tidak langsung terlihat tidak usah panik karena agar terlihat memang harus dimoderasi dulu (izin tayang) oleh redaksi.
      DItunggu sumbangan artikelnya dari ibu Ika Kwamilah...
      Terimakasih...

      Hapus
  2. Waah..hebohnya ibu-ibu, seru sekali nampaknya...semoga kami ketularan bisa melaksanakan kegiatan outbond ya bu...amiiiin...
    salam dari kalbagtim...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ib-ibu di DWP Kalbagtim....alhamdulillah acaranya memang seru bu...semoga DWP DJBC Kalbagtim dapat menyelenggarakan acara yang sama ya....pasti bakalan heboh kalau diselenggarakan hutan/bukit bangkirai bu....
      Salam hangat dari Jakarta

      Hapus
  3. waaaah...serunya....selalu kompak!! (dyah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Dyah,
      terimakasih komentarnya...
      Alhamdulillah ibu-ibu yang bergabung dalam DWP DJBC selalu kompak...semoga terus demikian dalam rangka mempererat kordinasi kerja sosialnya ..amiiin...

      Hapus
  4. Wah serunya acara outbond, semoga darma wanita balikpapan juga bisa mengadakan acara spt ini utk kebersamaan dan kekompakan ibu2nya.

    salam,

    Wulan Djanurindro
    DW Balikpapan - Kalbagtim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Wulan, terimakasih komentarnya...semoga DWP Balikpapan juga selalu kompak amiiin....

      Hapus